Hindari Masalah di Kemudian Hari, Inilah Tips Memilih dan Membeli Motor Bekas

Sepeda Motor

Fasilitas simulasi kredit motor memberikan keuntungan tersendiri bagi calon nasabah. Fasilitas ini diberikan untuk membantu kamu memperhitungkan jumlah cicilan plus bunganya agar bisa disesuaikan dengan pendapatan.

Motor bekas tentu akan lebih murah dan mudah di dapatkan. Untuk kamu yang baru memulai karir, pengajuan kredit ini tentu jadi salah satu solusi agar cepat memiliki kendaraan pribadi.

Selain melalukan simulasi kredit, masih banyak tips yang harus diterapkan bagi kamu yang ingin membeli motor bekas secara kredit. Catat tipsnya dan terapkan agar tidak muncul masalah di kemudian hari berkenaan dengan kredit yang diajukan.

Cek Kondisi Kendaraan Dulu Sebelum Membeli

Kamu tentu tidak tahu bagaimana riwayat penggunaan motor bekas yang akan kamu beli. Karena itulah, cek dulu kondisi kendaraan, mulai dari body hingga mesinnya. Jadi, ketika memilih, jangan sungkan ajak teman kamu yang tahu seputar dunia motor.

Beberapa contoh pengecekan adalah memastikan apakah mesin sudah pernah dibuka atau belum. Hal ini guna memastikan apakah motor pernah bermasalah pada bagian mesin atau tidak. Lalu, cek apakah warna kendaraan merupakan warna asli bawaan pabrik atau sudah dirubah. Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan gambaran performa motor tersebut.

Cek Surat-Surat Motor dan Legalitasnya

Beberapa hal yang harus kamu tahu adalah tentang siapa pemilik kendaraan tersebut dan kota nomor plat motor. Hal ini akan berkaitan dengan pajak motor yang akan diurus di kemudian hari. Jika motor bekas belum akan dibalik nama, maka akan lebih baik membeli motor dengan plat nomor di kota kamu sendiri. Jadi, pengurusan pajak motor dan lain-lainnya akan lebih mudah diurus.

Cek juga STNK. Pastikan jika motor bekas yang akan dibeli dalam kondisi “hidup” alias tidak tertunda dalam pembayaran pajaknya. Pastikan juga motor yang akan dibeli sudah dilengkapi dengan BPKB asli.

Cek Kilometer Dari Motor Bekas Yang Akan Dibeli

Salah satu patokan membeli motor bekas adalah memiliki kilometer rendah. Akan tetapi jangan terkecoh dengan angka kilometer yang rendah. Pasalnya speedometer manual bisa disetel ulang, begitu juga dengan speedometer digital.

Maka dari itulah, kondisi mesin menjadi salah satu acuan yang penting untuk mengetahui performa kendaraan. Ketahui performanya juga dengan mengecek suara knalpotnya. Jika suaranya berisik maka bertanda ada ganggguan pada mesin.

Jadi, membeli motor bekas memang tidaklah sederhana. Kamu harus tahu kondiri fisik dan juga kelengkapan suratnya. Hal ini guna menghindari masalah dikemudian hari, terutama tentang legalitasnya. Tertarik untuk kredit motor bekas? Tapi sebelumnya, terapkan tips di atas sebelum membeli motor bekas. Lakukan pula simulasi kredit motor agar kamu tahu berapa yang harus dibayarkan setiap bulannya.

JAGANAMA CORNER