Bangun Kesuksesan Mulai dari Gaya Hidup Kamu

Keuangan

Hidup sukses selalu menjadi cita-cita semua orang. Namun kenyataannya, tidak semuanya menerapkan gaya hidup yang akan menuntunnya pada kesuksesan. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah kredit motor murah saat masih sulit menyisihkan uang. Selain itu, berlaku boros juga salah satu pemicu kamu jauh dari cita-cita tersebut.

Sebelum terlanjur dan selagi masih ada di usia produktif, sebaiknya kamu perbaiki gaya hidup dulu sebelum bergaya yang berlebihan. Sebagai pelajaran berharga, kamu bisa melihat beberapa gaya hidup yang harus dibenahi karena memiliki konsekuensi pada kehidupan mu yang berharga.

Terlalu Sering Hangout di Masa Muda

Hangout merupakan tuntutan setiap anak muda sebagai makhluk sosial. Boleh saja hangout, namun jangan sampai terlalu sering karena bisa bikin kantong bolong.

Apalagi jika memiliki cicilan mobil maupun motor, jangan prioritaskan hangout dulu. Akan tetapi, tabung dan bayarkan cicilan agar jangan sampai menunggak.

Terlalu Sering Belanja Kebutuhan Fashion

Mengikuti perkembangan fashion memang tidak ada habisnya. Jadi, jangan suka mem-follow akun belanja di media sosial mu. Pasalnya, semakin sering melihat produk baru, tentu keinginan untuk membelinya akan semakin besar.

Jadi, jangan terlalu sering kepo dengan akun belanja atau online shop. Untuk menyiasatinya, berikan anggaran belanja untuk fashion mu. Jika anggaran itu habis, maka stop niatan untuk belanja lagi.

Ingat! berapa pun baju dan tas yang kamu miliki, selalu tidak akan pernah cukup. Maka dari itu, cintailah barang yang kamu miliki sekarang, maka kamu tidak akan menginginkan barang yang dikenakan orang lain.

Traveling Terus Tanpa Perhitungan

Seperti halnya dalam berbelanja, berilah budget khusus untuk traveling. Waktunya pun juga harus dibatasi, misalnya dua kali dalam setahun. Selain membuat anggaran kantong menipis, traveling juga bisa membuang waktu mu.

Gunakan waktu secara bijak. Jika masih meniti karir di awal, maka pakailah waktu untuk belajar tentang dunia kerja mu agar semakin mampu menguasainya.

Bersenang-senang memiliki waktunya sendiri. Jadi, meskipun terlihat menyenangkan, terlalu banyak traveling tanpa perhitungan bisa membuat hari esok menjadi tidak menyenangkan lagi.

Mengabaikan Disiplin Untuk Jaga Nama

Apakah kamu sedang memiliki cicilan gadget, kendaraan atau rumah? Jika memang demikian, maka saatnya kamu menerapkan disiplin tingkat tinggi. Pasalnya, dengan memiliki cicilan kredit, maka artinya kamu memiliki tanggung jawab dan kewajiban membayarnya.

Dengan disiplin, maka masalah finansial bisa dihindari. Caranya dengan menyisihkan uang untuk membayar cicilan terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu bisa membagi sisa penghasilan untuk hangout, belanja maupun traveling. Tangung jawab ini juga bisa membuat mu semakin kreatif dalam menghasilkan uang lewat pekerjaan sampingan.

Menerapkan disiplin bukan hanya akan menghindarkan mu dari merugikan pihak  lain. Akan tetap, kamu bisa memperoleh keuntungan yaitu mampu menjaga nama mu. Tahukah kamu bahwa nama mu bisa rusak karena riwayat kredit yang buruk?

Ingat! bahwa setiap history transaksi kredit mu akan tercatat di biro kredit. Jika riwayat kredit mu jelek, maka akan membuat pengajuan kredit di masa akan datang menjadi lebih sulit. Intinya, nama seseorang yang kreditnya buruk akan di blacklist. Alhasil, prinsip jaga nama ini harus kamu lakukan agar memperlancar urusan di masa yang akan datang. Jika kamu baru tahu informasi ini, jangan ragu untuk menyebarkannya kepada  rekan-rekan mu yang lain. Pastikan masa depan mu akan tetap indah tanpa terhalang sulitnya pengajuan kredit akibat lalai jaga nama.

JAGANAMA CORNER